RSS

LAPORAN LABA RUGI

Laporan Laba Rugi à Laporan yang digunakan untuk mengukur keberhasilan operasi perusahaan selama periode waktu tertentu.

Laporan Laba Rugi biasanya dipakai oleh :
  1. Eksternal (Investor, Kreditor, Pemerintah) untuk menentukan profit/keuntungan perusahaan, menilai investasi, menilai kelayakan kredit yang diberikan.
  2. Internal (Manajemen perusahaan) untuk mengevaluasi kinerja masa lalu, memberikan dasar untuk memprediksi kinerja masa depan, menilai resiko/ketidakpastian pencapaian target perusahaan.

Unsur-unsur Laporan Laba Rugi

  1. Pendapatan (Revenues) : arus kas masuk/peningkatan aktiva/pelunasan kewajiban yang ditimbulkan oleh pengiriman atau penyediaan barang dan jasa.
  2. Beban (Expense) : arus kas keluar/penurunan aktiva/penambahan kewajiban selama satu periode yang ditimbulkan oleh pengiriman/penyediaan barang dan jasa yang merupakan bagian dari operasi perusahaan.
  3. Laba (Profit) : kenaikan aktiva bersih/ekuitas perusahaan yang dihasilkan dari pendapatan/investasi pemilik perusahaan.
  4. Rugi (Loss) : penurunan aktiva bersih/ekuitas perusahaan yang berasal dari beban/distribusi kepada pemilik perusahaan.

0 comments:

Posting Komentar