RSS

LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI : PENGANTAR

DEFINISI
Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah grup perusahaan, terdiri dari induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan yang seolah-olah sebagai satu perusahaan.

HUBUNGAN INDUK & ANAK
Suatu perusahaan yang memiliki lebih 50% saham berhak suara. Perusahaan lain dapat mengendalikan perusahaan tersebut melalui kepemilikan sahamnya dan hubungan yang terjadi antara kedua perusahaan itu adalah hubungan induk dan anak. Pada saat hubungan induk dan anak terjadi, perusahaan-perusahaan tersebut saling terafiliasi. Istilah afiliasi digunakan untuk mengartikan isitilah perusahaan anak.

PROSEDUR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI
  1. Mengeliminasi semua rekening timbal balik (Recipocal Account) -  Eliminasi dilakukan melalui jurnal eliminasi dengan mengeliminasi rekening-rekening yang dicatat oleh kedua belah pihak (induk dan anak) untuk suatu transaksi.
  2. Menyusun kertas kerja (Worksheet) -  Worksheet digunakan untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan prosedurnya :
  3. Membuat jurnal eliminasi.
  4. Memasukkan semua pos-pos laporan keuangan /neraca saldo induk dan anak ke dalam kertas kerja.
  5. Memasukkan pos-pos eliminasi ke dalam rekening debit/kredit yang sesuai.
  6. Menghitung hak pemegang saham minoritas.
  7. Menghitung seluruh data diatas untuk menyusun laporan keuangan konsolidasi.

0 comments:

Posting Komentar