RSS

MAKNA SUKSES


Arti kata sukses bagi banyak orang adalah berbeda-beda. Menurut si A ini, menurut si B ini, dan lain sebagainya. Sukses sendiri merupakan sebuah keberhasilan ataupun keberuntungan. Saya yakin bahwa setiap manusia ada rasa ingin menjadi sukses. Bukan rasa ingin sukses tapi harus sukses, itu yang benar. Sukses dalam artian positif atau pun sebaliknya, negatif. Tergantung bagaimana kekuatan dalam diri kita untuk meraih kesuksesan tersebut.

Bisa diambil contoh pada sebuah kelas yang sedang mengadakan ujian semester. Disana terdapat berbagai macam keinginan sukses dari para siswa-siswanya. Kebanyakan ingin sukses menjalani ujian tersebut. Dibalik keinginan sukses dalam hal ini didapat berbagai cara mencapai kesuksesan tersebut. Contohnya saja si A yang ingin mendapatkan nilai bagus karena sebelumnya ia telah belajar untuk menempuh ujian. Usaha ini sangat wajar. Lain hal nya dengan si B iya ingin seperti si A tapi jalan yang ditempuhnya adalah membawa contekan pada saat ujian. Tindakan ini mengundang curiga guru yang mengawas sehingga si B ketahuan mencontek dan diproses tindakannya. Sedang si C siswa yang biasa-biasa saja, yang tak begitu ingin pencapaian yang tinggi-tinggi, tapi ia juga tida ingin terpuruk. Ia mencontek dengan cara bertanya kepada teman. Untuk kondisi ini kebanyakan guru yang mengawas hanya menegur dengan halus atau hanya sekedar memberitahu si C.

Berdasarkan contoh diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa si A memperoleh pencapaian kesuksesan yang ia inginkan. Dikarenakan dia sudah belajar untuk ujian yang akan diujikan, ia sudah punya bekal untuk materi-materi yang akan keluar. Wajar kalo si A memperoleh nilai bagus. Sedang si B yang tidak ada belajar sama sekali ingin mendapatkan nilai yang bagus seperti si A tapi ia menempuh jalan membawa contekan yang akhirnya di tegur oleh guru pengawas dan selanjutnya di proses di kepala sekolah. Lain lagi cerita untuk si C yang biasa-biasa saja. bisa dikatakan pencapaian si C tidak muluk-muluk. Hanya ingin agar lulus saja.

Kesuksesan tiap-tiap orang menghasilkan dampak berbeda-beda untuk setiap individu. Ada yang bahagia, senang, takut, biasa-biasa saja. Tentunya kesuksesan yang sebenarnya adalah kesuksesan yang meninggalkan dampak bahagia dan senang serta semacamnya lah yang benar-benar dikatakan kesuksesan total.

0 comments:

Posting Komentar