RSS

"Strategi Belajar di Perguruan Tinggi"



              Belajar diperguruan tinggi sangat jauh berbeda dengan belajar di sekolah dasar atau menengah. Selain pelajaran semakin sulit, mahasiswa juga sering merasa kesusahan dalam hal cara belajar. Perlu diketahui bahwa belajar diperguruan tinggi kita dituntut untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam bidang apapun, terlebih dalam bidang akademik. Jika di sekolah menengah siswa cenderung lebih pasif, karena hanya mendapat asupan pelajaran-pelajaran dari guru yang bersangkutan. Lain halnya dengan di perguruan tinggi, dosen hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran, mahasiswa yang harus aktif.
            Dalam hal tugas pun berbeda, jika di sekolah menengah siswa hanya perlu mengerjakan tugas yang ditugaskan oleh guru, lalu mengumpulkannya pada pelajaran yang bersangkutan. Tidak dengan di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut berfikir keras dalam hal belajar, penyelesaian tugas pun dilakukan dengan sungguh – sungguh.
            Tapi banyak mahasiswa yang tidak tahu bagaimana cara belajar dengan baik. Karena terlalu terlena dengan kehidupan dunia kampus yang bebas. Sebenarnya disinilah kita diuji bagaimana dapat mengatur waktu antara belajar dan melakukan hal lainnya. Berikut adalah strategi belajar di perguruan tinggi sesuai dengan pengalaman saya menjadi mahasiswa.

1.     Buat perencanaan jangka pendek.
            Buat rencana untuk seminggu ke depan. Jadwalkan apa saja yang akan dilakukan. Dari mulai hal yang paling penting sampai biasa-biasa saja. Seperti, mengerjakan tugas, mempersiapkan ujian, membuat paper, memperlajari mata kuliah yang belum dan sudah dibahas. Hal ini untuk menghindari terjadi penumpukan tugas atau ketidaksiapan diri untuk menerima pelajaran. 

2.     Gunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin.
            Jangan buang-buang waktu untuk sekedar mejeng-mejeng dengan teman. Lebih baik gunakan waktu untuk mengerjakan tugas, atau mendiskusikan mata kuliah yang dianggap susah. Ini lebih bermanfaat ketimbang membuang waktu untuk hal yang tak ada gunanya. Pelajari juga mata kuliah yang sudah dibahas di kelas. Untuk memperdalam pengetahuan, dapat memanfaatkan, perpustakaan, internet, untuk mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan hal pembelajaran.

3.     Jangan bolos!
Walaupun pembelajaran di kampus adalah bebas. Dalam artian, masuk atau tidaknya mahasiswa pada matakuliah yang diajarkan tidak begitu mengambil andil dalam hal penilaian. Setidaknya kerajinan untuk menghadiri kuliah adalah hal yang wajib. Untuk membiasakan diri dengan dunia kampus. Ilmu yang di dapat pun banyak.
4.     Pahami cara dosen mengajar,
            Di perguruan tinggi ada dosen yang mudah di ajak bekerja sama. Dalam artian enak untuk berdiskusi. Ada juga yang enggan untuk terbuka kepada mahasiswa. Disini kita sebagai mahasiswalah yang harus rajin-rajin berkomunikasi kepada dosen yang bersangkutan, kita yang perlu menyesuaikan diri dengan nya. Walau sulit sekalipun.

5.     Catat!
Setiap mata kuliah yang dibahas, atau di diskusikan, hendaknya kita mencatat hal-hal yang penting. Dengan mencatat kita lebih mudah untuk menangkap mata kuliah yang dibahas. Dengan catatan juga kita dapat menambahkan materi untuk bahan ujian di tengah atau akhir semester. Sesampainya dirumah catatan yang tadi dibuat, dapat dikembankan kembali kedalam kata-kata sederhana yang mudah dimengerti dan dipahami.

            Itulah beberapa strategi belajar yang dapat dipraktekan secara langsung. Berhasil atau tidak nya tergantung pada diri masing-masing. Mau berubah atau tidak. Selamat mencoba.

0 comments:

Posting Komentar