RSS

Dasar Pemasaran


TUGAS DASAR PEMASARAN








Nama Kelompok :
1.      Elvira Lysandra Putri              28211790
2.      Hurin Inn                                23211408
3.      Zsahra Meizhella                     27211735

Kelas               : 1 EB 12


1.     Latar Belakang
          Dengan usaha yang ada sekarang ini sudah terbilang banyak dan beranekah ragam usaha yang berkembang, jumlah penduduk yang terus bertambah, perekonomian yang semakin sulit dan lapangan kerja yang peluangnya semakin sedikit, membuat penduduk semakin banyak penggangguran.
          Terutama di negara berkembang seperti Indonesia  yang tingkat usahanya lebih dikuasai oleh negara asing. Untuk dapat memajukan tingkat ekonomi negara Indonesia sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia yang dapat membuat inovasi sebagai pengusaha. Dengan hal itu pengangguran di negara ini pun dapat berkurang dan juga dapat meningkatkan perekonomian negara.
          Untuk kami kami masalah yang cenderung sekarang ini tidak jadi persoalan selama ada kemauan dari kita memamfaatkan kemampuan dari skill yang ada pada kita bisa mengurangi permasalahan permerintah soal penggangguran dan masalah krisis ekonomi. Sekarang ini menyalurkan bakat dengan membuka usaha seperti berdagang menjual barang lansung kepada konsumen lebih diperlukan, apalagi untuk sekarang jumlah penduduk dengan terus bertambah peradapan manusia semakin berkembang dan kemajuan teknologi yang sangat cangkih, maka selera masyarakiat akan makanan semakin tinggi.
          Masyarakat yang sibuk bekerja lebih memilih untuk membeli makanan extra saji yang cepat dan praktis daripada membuatnya sendiri. Dengan demikian didasari dengan hal itu kami memiliki inovasi untuk membuat usaha roti secara kecil-kecilan.Kami ingin membuka lapangan kerja baru dan juga pilihan makanan lain untuk masyarakat.
         



2
2.     Pembahasan
2.1.           Analisa 4P ( Product , Price, Place, Promotion )
2.1.1.  Product – Produk
         Produk yang kami jual adalah donat dengan berbagai macam rasa. Kami mengambil brand “Roti Gembul”. Kami memilih usaha produk roti dikarenakan mudah nya dalam pembuatan, dan banyaknya peminat.
2.1.2.  Price – Harga
ü  Harga tiap- tiap rotit sangat terjangkau, tergantung roti yang dipesan. Untuk  roti  isi daging harga kami bandrol lebih mahal dari roti biasa. Karena bahan untuk membuatnya pun berbeda.
2.1.3.  Place – Tempat
ü  Lokasi penjualan yang bersih dan terjaga
ü  Konsumen dapat membeli secara langsung ataupun dengan cara memesan terlebih dahulu.
ü  Lokasi tempat usaha strategis, dapat dijangkau semua pihak.

2.1.4.  Promotion – Promosi
ü  Melakukan penjualan secara langsung.
ü  Melakukan penjualan dari tempat ke tempat lain.
ü  Setiap pembelian 10 roti gratis 1 roti coklat atau keju.
ü  Setiap pembelian lebih dari 5 box mendapat diskon khusus.


3

2.2.          Siklus Kehidupan usaha
2.2.1.              Tahap Perkenalan
Pada tahap perkenalan, kami mengambil strategi penetrasi lambat (slow penetration strategy). Kami memulai dengan peluncuran produk baru “Roti Gembul” dengan mematok harga rendah, dan juga menerapkan promosi tingkat rendah. Kami mematok produk pada harga rendah untuk mendorong penerimaan produk yang cepat dan biaya yang kami keluarkan rendah pula. Kami juga tidak menggunakan bahan pengawet karena itu roti pun lebih fresh dan memiliki waktu kadaluarsa yang lebih singkat.
2.2.2.              Tahap Pertumbuhan
Dalam tahap ini kami berusaha untuk meningkatkan kualitas produk yang kami produksi dari waktu ke waktu. Dengan menambahkan banyak variasi seperti ukuran produk dari yang kecil hingga ukuran besar, rasa yang bermacam-macam. Selain itu kami akan melakukan pembaharuan packaging produk kami dengan mengganti atau menambahkan desain pada pembungkus produk kami. Hal itu pun tak luput dari penambahan keistimewaan dan gaya dari tiap-tiap produk. Penerapan potongan harga beli juga kami terapkan untuk pembelian produk kami dalam jumlah besar. Kami juga akan menarik produk yang kami keluarkan apabila sudah tidak layak untuk dikonsumsi, hal ini agar menjaga kepercayaan konsumen akan produk kami yang masih fresh.


4

2.2.3.              Tahap Kedewasaan
Dalam tahap ini kami berusaha untuk menarik minat konsumen  akan produk yang kami jual dengan memperhatikan kritik dan saran konsumen. Dari mulai kebersihan, kerapihan produk yang kami tampilkan. Untuk perbaikan model dari waktu ke waktu akan kami  perbaharui sedemikian rupa.
2.2.4.              Tahap Penurunan
Dalam tahap ini kami akan melakukan inovasi – inovasi rasa baru dan juga tidak hanya menjual roti tapi juga kue-kue agar pangsa pasar bertambah. Kami juga akan melakukan promosi dengan pemberian diskon untuk roti roti yang diminati.












5

3.     Kesimpulan
            Usaha ini dibuat atas dasar, keinginan kami untuk mengelola roti yang berbagai macam rasa dan tidak memakai bahan pengawet sedikitpun demi kesehatan konsumen .Kebanyakan yang kami lihat banyak perusahan lain yang menggunakan produk yang memakai bahan berzat kimia, kami juga berharap usaha ini dapat mengurangi pengangguran yang ada di sekitar lokasi usaha .
   Semoga usaha ini dapat berjalan lancar, dan juga dapat diterima di kalangan masyarakat luas. Semoga usaha yang kami buat juga dapat bertahan lama dan memiliki banyak pelanggan tetap. Dan juga semoga usaha ini dapat menjadi pelajaran  bagi kami yang menjalankan agar dapat memiliki inovasi usaha lain.
           
















6

0 comments:

Posting Komentar