RSS

Kasus : Nokia Rela Jual Aset Hak Paten Mereka, Asal...

CFO (chief financial officer) Timo Ihamuotila menyatakan bahwa Nokia siap untuk menjual aset hak paten mereka, selama tawaran yang masuk memang sesuai dengan harga yang Nokia harapkan.
“Kami akan menjual hak paten kami pada harga yang tepat,” kata Ihamuotila pada sebuah ajang konferensi yang membahas tentang performa mereka di kuartal ke-2 tahun 2012 ini. Ihamuotila juga yakin bahwa Nokia masih akan mampu untuk tetap kompetitif sekalipun terpaksa menjual sebagian aset hak paten mereka.

Saat ini, perusahaan teknologi asal Finlandia tersebut memiliki katalog hak paten sebanyak 30.000 buah dan juga inovasi dengan hak paten yang telah terdaftar secara resmi sebanyak 10.000 buah. Tim riset dan pengembangan mereka telah rutin menghasilkan rata-rata 1.000 macam inovasi yang layak didaftarkan hak patennya setiap tahun. Hal ini sangat ironis karena tim ini adalah salah satu tim yang akan menjadi korban pertama darirencana pemotongan jumlah karyawan sebagai bagian dari agenda strukturisasi Nokia.

Lebih aneh lagi, Nokia sampai saat ini merupakan perusahaan pemilik hak paten dengan tingkat agresifitas paling minim, namun hal tersebut kemungkinan besar akan segera berubah karena produsen ponsel raksasa di periode 2000-an ini sangat membutuhkan tambahan dana segar, dalam jumlah yang sangat banyak.
Apple kabarnya sempat menjadi salah satu korban pertama dari Nokia dan telah menyetujui untuk membayarkan uang sebesar $600 juta untuk masalah royalti dari hak paten milik Nokia.

Sumber Kasus : http://gadget.gopego.com/2012/06/nokia-rela-jual-aset-hak-paten-mereka-asal

Komentar Penulis : Menjual hak paten milik sendiri dengan tujuan membutuhkan dana segar yang masuk ke perusahaan menurut saya wajar-wajar saja selama dampak yang dihasilkan baik, terlebih untuk meningkatkan performa perusahaan agar lebih berkembang dimasa yang akan datang. Tapi perlu pengkajian lagi untuk hal pemotongan jumlah karyawan yang tiap tahunnya mampu menghasilkan ribuan inovasi. Sukses nya suatu perusahaan dalam persaingan global ini sangat ditentukan oleh karya para tim inovator yang banyak mengambil andil untuk memajukan perusahaan.

0 comments:

Posting Komentar