RSS

Novel Motivasi "Padang Bulan"


Judul Buku      : Padang Bulan
Pengarang       : Andrea Hirata
Penerbit          : Penerbit Bentang
Cetakan          : Pertama
Kota Terbit     : Yogyakarta
Tahun Terbit   : 2010
Tebal              : 260 halaman
Tokoh-tokoh    :

  • Syalimah sebagai Ibu Enong.
  • Zamzami sebagai ayah Enong.
  • Enong sebagai anak dari Syalimah dan Zamzami.
  • Sirun sebagai teman Zamzami.
  • Ibu Guru Nizam sebagai Guru B.Inggris Enong.
  • Ilham, Nuri, Nizam, Naila sebagai teman Enong.
  • Moi Kiun sebagai pemilik kios.
  • Liun Phok sebagai suami Moi Kiun.
  • Detektif M. Nur sebagai seorang detektif swasta.
  • A ling sebagai kekasih Ikal.
  • Ikal Sebagai Kekasij A ling.


Enong  anak dari Zamzami  seorang buruh tambang timah bernasib tragis karena harus menggantikan ayah nya menjadi tulang punggung keluarga. Dikarenakan Zamzami wafat terkubur hidup-hidup  saat menggali timah dan meninggalkan Syalimah dan tiga anaknya yang masih kecil-kecil.  Sebelumnya Zamzami telah bersepada ke Tanjung Pandan hanya untuk membelikan Kamus Bahasa Inggris Satu Miliar Kata. Pelajaran Bahasa Inggris merupakan kesenangan Enong. Air mata enong terus-terusan mengalir membasahi kamus itu. Kamus pemberian ayahnya.

Mencari pekerjaan di Tanjung Pandan saja susah nya bukan main, karena Enong tak mempunyai kualifikasi menjadi seorang pekerja, lulus SD saja belum. Ia menjadi pendulang timah wanita pertama yang ada. Hasilnya untuk agar adik-adiknya bisa bersekolah dan dapat makan. Sacrifice, honesty, dan freedom. Adalah falsafah hidup Enong.


Ikal sakit akan cinta pertama. Ikal adalah laki-laki pemimpi dengan pendirian yang lemah. Tak mampu berbuat apa-apa. Selain berbelas kasih pada dirinya sendiri saat A ling kepincut lelaki lain. Berbagai macam cara Ikal lakukan untuk sekedar A ling kembali ke boncengan sepedanya. Ikal tidak dapat melihat Zinar tanpa cemburu. Ikal patah hati. Melihat ibunya dengan rasa malu. Melihat ibunya dengan perasaan bersalah.


Setelah besar Enong (Maryamah). Ia perempuan berani menantang ketidakmungkinan. Dibantu ikal, detektif M. Nur, Jose Rizal, Alvin, Giok Nio, dan Selamot, maryamah yang buta akan catur berguru pada Grand Master Ninocha Stronovsky. Kala itu mataraom mantan suami maryamah, dikalahkannya. Bahkan  Zinar juga. Penderitaan panjang yang dialami maryamah. Perkawinan yang menyiksa. Sudah cukup untuknya menjadi wanita yang tangguh.

Manfaat setelah membaca Novel Padang Bulan
  1. Mensyukuri pribadi sendiri telah terlahir di keluarga yang berkecukupan.
  2.  Tidak pantang menyerah dalam melakukan hal apapun.
  3. Tidak mudah putus asa ketika semua yang kita punya tiba-tiba hilang begitu saja.
  4. Jangan mudah tergila-gila pada sesuatu, karena semuanya akan raib begitu saja.

0 comments:

Posting Komentar