RSS

HISTORY OF LINUX

Kali ini aku akan mengulas tentang sejarah dari sistem operasi LINUX.

LINUX adalah sistem operasi dibawah naungan lisensi GNU or Gnu Not Unix. OS linux ini adalah layanan operasi yang benar-benar gratis. Why? Disini kita dapat memperoleh program, komplit dengan kode sumbernya or source code. Selain itu disini kita dikasih kebebasan buat mengkopi program sebanyak yang kita inginkan dan kita bisa mengubah sesuka kita kode sumber yang sebelumnya. Wiihh enak ya ?. ini dari sisi gratisnya. Linux juga ngebolehin kita kalo mau berlangganan berbayar untuk pengadaan dan pengiriman program. Ayo!! Enaknya yang mana??

Kebanyakan dari programmer and administrator yang diutamain adalah kebebasan dalam memperoleh source code dan kebebasan mengubahnya sesuka hati. Karena mereka pikir keamananlah yang terpenting. Coba bayangin kalo ga bisa diubah. Source code kita terancam diketahui orang lain. Gawat kan?.  Biasanya ini diketahui oleh para vendor penyedia layanan. Bisa aja sih safety di tangan mereka. Tapi kalo ada informasi penting semacam warning, kita selalu terlambat dapet infonya. Dan setelah tau warning itu udah ga berlaku.

Kenal Kernel?
Yap linux kernel
Disini linux tidak ada shel, browser, kompilator yag disertain untuk install program pada sistem. Linux kernel juga digunain buat gambarin linux itu mirip dengan unix yang berbasis bebas dan open source operasi. Red hat, Debian ata Gentoo adalah semua distribusi Linux yang dibangun oleh Linux Kernel.

Yap this is all my explanation about History of Linux

Gomawo ^^

0 comments:

Posting Komentar